BISNIS & EKONOMIHUKUM & KRIMINALINTERNASIONALKULINERLIFESTYLENASIONALNUSANTARAOLAHRAGAPENDIDIKANPOLITIKSEHATUncategorized

Tidur Miring ke Kanan, Ini Manfaatnya

IndonesiaHarini.com – Tidur miring ke kanan memang dianjurkan dalam Islam. Anjuran ini datang dari Rasulullah SAW.

Merangkum dari buku Pola Hidup dan Tidur Sehat Ala Rasulullah SAW oleh Nor Kholish Reefani, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk tidur miring kanan.

Ternyata anjuran tersebut memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Berikut di antaranya :

1. Memberikan waktu istirahat untuk otak sebelah kiri. Manusia memiliki otak yang terdiri dari bagian kanan dan kiri. Tubuh bagian kanan selalu dilakukan untuk menyokong aktivitas seperti makan, bekerja, dan sebagainya.

2. Posisi tidur miring kanan akan membantu otak kiri dan menyelamatkan diri dari segala resiko atau bahaya akibat lambatnya sirkulasi saat tidur. Contohnya, pengendapan bekuan darah, lemak, serta penyempitan pembuluh.

Baca Juga  MUI Keluarkan Fatwa Haram Salam Lintas Agama

3. Membantu meningkatkan pengosongan kandung empedu dan pankreas. Cairan empedu akan meningkat dengan tidur miring kanan. Sehingga dapat mencegah terjadinya pembentukan batu kandung empedu. Selain itu, pengeluaran getah pankreas juga akan meningkat.

4. Meringankan kinerja jantung. Jantung tidak akan dibebani oleh organ tubuh lainnya jika tidur dengan posisi miring ke kanan.

5. Melancarkan pernapasan. Biasanya orang yang mendengkur karena ia tidur dengan posisi terlentang dan keadaan saluran pernapasan terhalang oleh lidah.

Namun, jika tidur dengan posisi miring ke kanan, lidah akan cenderung jatuh ke bawah mengikuti posisi miring dari pelaku tidur itu. Jadi, pernapasan akan lancar dan dengkuran akan berkurang.

Baca Juga  PJ Gubernur Sumsel Hadiri Kegiatan Seremonial Bedah Rumah Tidak Layak Huni

6. Melancarkan buang air besar. Jika susah buang air besar, salah satu solusi terbaiknya adalah dengan tidur miring ke kanan. Sebab, posisi tersebut menjadikan usus besar lebih cepat terisi.

Jika sudah penuh, pergerakan usus akan terangsang yang diikuti relaksasi otot anus. Percepatan dan relaksasi tersebut memudahkan untuk buang air besar.

7. Menyehatkan paru-paru. Paru-paru sebelah kanan dan kiri tidaklah sama. Dengan tidur miring ke kanan, jantung juga akan condong ke sebelah kanan dan tidak menjadi masalah sebab paru-paru sebelah kiri lebih kecil.

8. Membantu lambung untuk beristirahat. (DetikHikmah)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button