BISNIS & EKONOMIHUKUM & KRIMINALINTERNASIONALKULINERLIFESTYLENASIONALNUSANTARAOLAHRAGAPENDIDIKANPOLITIKSEHATTRAVELINGUncategorized

Terkait Pengunduran Diri Sebagai Pengelola PPDB SMAN, Anang Purnomo Ungkap Hal ini

IndonesiaHarini.com, Palembang – Kasi Peserta Didik, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel Anang Purnomo Kurniawan memberikan penjelasan terkait pengunduran dirinya sebagai pengelola PPDB SMA Negeri tertanggal 22 Mei 2024.

Anang Purnomo mengatakan, secara umum proses PPDB sudah selesai dan sudah dikawal sampai jalur terakhir.

“Pengunduran diri ini, supaya saya bisa fokus ke kegiatan yang lain. Karen banyak sekali tugas pokok dan fungsi seksi peserta didik SMA yang selama ini terabaikan karena saya terlalu fokus ke PPDB. Mungkin sekarang saatnya menyeimbangkan,” ujarnya,Kamis (30/5/2024).

Selanjutnya, sambung Anang, setelah pengumuman tentu ada tahap evaluasi dan audit. “Semua berproses prosedural saja,” ucapnya.

Anang menjelaskan, tupoksi seksi peserta didik SMA yang selama ini kurang menjadi perhatiannya yaitu kegiatan ajang talenta dari pusat prestasi nasional Kemdikbudristek RI melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia, seperti Olimpiade Sains Nasional, Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Festival Lomba Seni Siswa Nasional, Lomba Debat Bahasa Indonesia, Nasional School Debating Championship, Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia.

Baca Juga  Pemilu Paling Berdarah Di Dunia, 37 Orang Mati di Meksiko

“Selain itu juga program roots dalam rangka pencegahan bullying dan program-program lainnya dalam rangka implementasi Permendikbud Nomor 46 Tahun 2023 tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di satuan pendidikan,” bebernya.

“Kami juga berkolaborasi dengan universitas MDP untuk mengembangkan aplikasi terkait pencegahan tiga dosa besar pendidikan yaitu bullying/perundungan, intoleransi/radikalisme dan kekerasan/pelecehan seksual,” tambah Anang.

Saat ini, sambung Anang, juga sedang proses penyusunan draf keputusan gubernur tentang pedoman pelaksanaan komite sekolah berdasarkan atensi dari inspektorat jenderal Kemdikbudristek dan inspektorat provinsi sumatera selatan. “Saat ini drafnya sedang berproses di biro hukum,” katanya.

“Saya juga diminta untuk mengawal GSMP Goes To School Award, yang melibatkan lintas OPD, seperti Biro Ekonomi, Bank Indonesia, dinas Pertanian, Balitbangda, sekolah-sekolah pilot projects, dll, Selasa 28 mei 2024 ada TOT GSMP Goes To School Award di Hotel The Zuri Palembang melibatkan seluruh pihak,” paparnya.

Baca Juga  Ngeri, Penipuan di WhatsApp Makan Banyak Korban

“Saya juga bertanggung jawab untuk prestasi-prestasi peserta didik se Sumatera Selatan dan melaporkan nya ke pimpinan. Beberapa waktu yang lalu saya juga berkolaborasi dg BNN Provinsi dan BNN kabupaten/kota untuk bersama-sama melakukan P4GN, pencegahan penyalahgunaan peredaran gelap narkoba dan psikotropika khususnya di sekolah,” bebernya.

Anang mengungkapkan, pihaknya juga mengawal forum OSIS Sumatera Selatan yang beberapa Minggu lalu mengadakan foya festival OSIS berbudaya dengan kegiatan lomba-lomba dan penampilan seni budaya dengan melibatkan kabupaten/kota di taman budaya Dekranasda Palembang.

“Tupoksi dari seksi peserta didik SMA yang harus dilakukan secara paralel sehingga saya harus berbagi fokus. Alhamdulillah pimpinan memaklumi dan mudah-mudahan. Semua program dinas pendidikan yang tujuannya untuk meningkatkan kualitas peserta didik dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.

Reporter: Yanti

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button